Kritik terhadap pemerintahan Jokowi-JK terus bergulir. Sebagai sebuah dinamika politik DPR RI memandang banyak yang memerlukan pembenahan terutama institusi Negara seperti revisi UU KPK juga menjadi pokok pembahasan dalam pemerintahannya.

Begitupula dengan perkembangan ekonomi yang masih dianggap minim, DPR RI memandang bahwa pemerintahan Jokowi-JK masih jauh dari janji-janji kampanyenya. Sehingga ekspektasi masyarakat saat terpilihnya Jokowi-JK tak tercapai dan memunculkan kekecewaan.

Sengkarut revisi UU KPK dan pertumbuhan ekonomi yang menjadi dinamika politik Negara mendorong DPR RI untuk mengajukan hak angket DPR RI. Untuk menjawab keresahan masyarakat atas pertumbuhan ekonomi yang melambat.

Anggota DPR RI, Fahri Hamzah mengungkapkan, pemerintahan Jokowi-JK agar tidak memandang remeh perlambatan ekonomi dan revisi UU KPK, sebab di masa kepemimpinannya dibutuhkan ketegasan dalam menentukan keputusan apakah revisi UU KPK bisa menjawab kebutuhan masyarakat untuk pemberantasan korupsi.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi sebesar 4,7 persen juga menjadi pusat perhatian, sebab janji pemerintahan Jokowi-JK mencapai pertumbuhan ekonomi yang seimbang mampu mencapai 6,7 persen. Hal inilah yang membuat DPR RI tergerak untuk melakukan kritisi kepada pemerintah dalam bentuk hak angket.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota DPR RI, Effendi Simbolon, ia mengutarakan pentingnya Jokowi untuk memperhatikan proses demokrasi dan tidak sembrono dalam mengambil kebijakan. Sesungguhnya kinerja pemerintah nantinya baik buruknya ditentukan oleh legislatif di saat rapat paripurna.

Effendi mengungkapkan, Jokowi yang memandang sebelah mata lembaga DPR RI selaiknya tak dilakukan oleh pemerintah. Karena pada akhirnya akan mempersulit pemerintah Jokowi sendiri.

Pernyataan Jokowi bahwa anggota DPR RI mudah untuk diatasipun menimbulkan kekecewaan, Jokowi dianggap memandang remeh persoalan dan tak memahami substansi trias politica Republik Indonesia, sehingga Jokowi mengeluarkan pernyataan mudah mengatasi DPR RI. (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s