Pengamat dan praktisi ekonomi yang juga merupakan anggota DPR RI 1999-2004, Ichsanuddin Noorsy kembali turun gelanggang. Percaturan politik yang diselaminya kini adalah Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Sebagai pakar ekonomi, Ichsanuddin Noorsy tak perlu diragukan lagi kapasitasnya, meski ketika memasuki pusaran politik legislatif, ia lumayan kewalahan menghadapi sistem yang korup.

Ichsanuddin Noorsy juga dikenal sebagai salah satu punggawa ekonomi di legislatif, yang turut mengawal berbagai peristiwa peralihan kekuasaan. Tak pelak lagi, kontribusi positif melalui daya kritisnya mampu menahan gejolak perekonomian di masa 1999 – 2004.

Ditengah hinggar bingar pembangunan DKI yang dipimpin Ahok, Ichsanuddin Noorsy tampil sebagai kuda hitam dalam bursa Pilgub. Tak surut olehnya untuk masuk menjadi orang nomer satu DKI Jakarta.

Ichsanuddin Noorsy pada keterangan persnya mengutarakan, yang dikejar olehnya adalah tiga hal; pertama, unsur pengentasan kemiskinan yang merajalela di Jakarta; kedua, unsur kebodohan yang akan dibenahi olehnya; dan ketiga, unsur ketimpangan ekonomi yang begitu terasa di DKI Jakarta.

Ia mengemukakan, sebagai praktisi ekonomi sangat terasa jurang kemiskinan di DKI Jakarta, sehingga kemiskinan merupakan hal prioritas baginya. Untuknya bukan masalah mengenai tingkat kepuasan atas penghasilan masyarakat, tapi agar pengentasan kemiskinan benar-benar terjadi.

Ichsanuddin menyerukan, di masa Jokowi – Ahok dikedepankan ekonomi kreatif, namun bukannya menjadi sektor produktif, ekonomi kreatif hanya menjadi ketahanan ekonomi. Alih-alih mensejahterakan masyarakat ekonomi kreatif hanya menjadi sektor ekonomi yang pas-pasan. Hal inilah yang menjadi sorotan utama baginya.

Ia menegaskan, dirinya terbuka untuk berbagai pihak untuk melakukan pendekatan politik. Namun dirinya menegaskan bahwa politik uang bukanlah jawaban, politik uang harus segera dihentikan, dan dimulai dari pencalonannya pada pilgub DKI Jakarta 2017. (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s