Pengelolaan sumber daya keuangan yang merupakan wewenang Kementerian Keuangan RI melakukan upaya efektifitas dan efisiensi yang berhubungan dengan subsidi energi, anggaran pendidikan, infrastruktur dan kesehatan. Pengelolaan sumber daya keuangan ini menjadi penting sebab pemerintahan Jokowi-JK mencanangkan pembangunan massif diberbagai bidang dengan paket kebijakan ekonomi yang sudah sampai jilid VI.

Pada acara sarasehan wartawan dengan Kementerian Keuangan yang berlangsung 6 November 2015 sampai 8 November 2015 dikemukakan bahwa untuk mengejar target kebijakan ekonomi mampu dilaksanakan oleh Pemerintah RI. Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI mengemukakan pentingnya postur anggaran memiliki fleksibilitas dalam penganggarannya dan belanja modalnya perlu menjadi perhatian pada RAPBN 2016.

Askolani, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI mengemukakan; penyesuaian postur anggaran menjadi pokok pemikiran dalam penggunaan subsidi, untuk memastikan program Jokowi-JK dapat terpenuhi secara maksimal. Sementara pemerintah pada RAPBN 2016 diajukan untuk penguatan postur anggaran yang tidak hanya soal subsidi, namun memastikan program kesejahteraan rakyat terpenuhi.

Yang sedikit menjadi ganjalan dari penguatan postur anggaran adalah menyerap potensi keuangan Indonesia untuk masuk kedalam APBN 2016. Sementara begitu banyak kemudahan diberikan kepada pihak industry dan perdagangan dalam bentuk tax amnesty dan tax holiday, maka pemerintah mesti sedikit memutar otak untuk mampu memenuhi APBN 2016.

Askolani mengutarakan, perlunya mengetahui belanja modal RAPBN 2016 akan diarahkan kemana tentunya juga menjadi pokok pemikiran. Seperti misalnya penggunaan belanja infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, tingkat fleksibilitas posturnya perlu diperhitungkan, agar tidak terjadi over budgeting bahkan mampu melakukan subsidi gradual untuk crash program yang setiap saat bisa dilakukan tanpa perlu ada termin-termin tertentu dan target kesejahteraan dapat tercapai dalam RAPBN 2016. (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s