Kepedulian terhadap sesama masih menjadi salah satu bentuk kebersamaan yang terjalin bagi umat manusia. Saling asah, saling asuh dan saling asih disampaikan dalam berbagai bentuk kepedulian.

Peran tersebut tetap bergulir hingga sekarang, menjadi sebuah bentuk kepedulian kembali ditorehkan anak bangsa.

Komunitas Cinta Anak Yatim (KCAY) yang dipimpin oleh pecinta sosial lingkungan Djali Achmad kembali dilaksanakan. Kali ini di kawasan kampung Bugis, Banten Lama, Kasemen, Kota Serang; KCAY memberikan santunan kepada anak Yatim yang ke enam.

Sebagai sebuah kegiatan sosial kemasyarakatan, kegiatan KCAY patut diacungi jempol, sebab kegiatan berlangsung dan terbentuk berasal dari kesadaran yang sifatnya personal diawalnya.

Kehendak untuk memberikan santunanpun secara bertahap terjadi berawal dari pertemanan yang terjalin antar sesama member KCAY. Dari obrolan biasa tentang keadaan sosial masyarakat hingga terbentuk dan terlaksananya kegiatan santunan terhadap anak yatim.

Djali Achmad mengemukakan, kegiatan KCAY berlangsung setiap setahun sekali, KCAY memang dibentuk untuk aksi kepedulian sosial yang memang sengaja dibentuk untuk membantu masyarakat yang dalam keadaan kekurangan.

Ia mengutarakan, pentingnya kepedulian sosial adalah agar kita secara pribadi tidak lupa bahwa masih banyak masyarakat yang mesti dibantu. KCAY dibentuk agar mampu menjadi komunitas yang tidak hanya peduli namun juga turut berperan serta membantu masyarakat yang kesulitan.

Djali menyampaikan, kepedulian sosial harus selalu digaungkan sebagai salah satu bentuk penyadaran. Alangkah bagusnya apabila kegiatan KCAY mampu menggugah komunitas lainnya untuk berperan serta, kalau bukan kita siapa lagi yang memiliki kepedulian, hal inilah yang menggugah kesadaran KCAY untuk mengambil peran sosial kemasyarakatan tersebut. (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s