Dilema perpanjangan kontrak PT. Freeport kembali menarik perhatian masyarakat, pangkal persoalan mengenai pembagian saham perusahaan tambang tersebut. Proses pencatutan nama Presiden RI, Joko Widodo yang dilakukan oleh Ketua DPR RI Setya Novanto menimbulkan silang pendapat dengan Menteri ESDM Sudirman Said.

Seperti dilansir dari kantor berita TvOne, rekaman pembicaraan Setya Novanto yang didalamnya menyinggung tentang pembagian saham PT. Freeport apabila diperpanjang. Seperti diketahui bahwa perpanjangan kontrak PT. Freeport telah dilakukan pada tahun 2014, dan kembali mencuat diakhir tahun 2015.

Yang menjadi pokok persoalan adalah rekaman pembicaraan dan Sudirman Said tak melapor ke Presiden RI terkait pelaporannya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mengenai pencatutan nama Jokowi. Inisiatif tersebut terkait dengan Kementerian ESDM yang menaungi perpanjangan kontrak PT. Freeport.

Menjadi janggal apabila Sudirman Said berdiam diri mengenai polemik ini meski tak melalui proses Kabinet Kerja. Dan menjadi aneh pula Setya Novanto tiba-tiba mengungkapkan keinginannya pembagian saham PT. Freeport. Apabila pelaporan ke MKD berlanjut ke sidang etik MKD maka keadaannya menjadi runyam bagi Setya Novanto karena akan menerima skors, sementara apabila Sudirman Said tak dapat menjelaskan miskomunikasi dengan Jokowi maka Sudirman Said akan terpojok.

Jokowi mengutarakan polemik perpanjangan kontrak PT. Freeport diharapkan tidak mengemuka sedemikian rupa, sebab Kabinet Kerja banyak program yang mesti dikerjakan. Ia mengimbau agar polemik bisa diselesaikan di sidang kabinet dimana perbedaan boleh terjadi tanpa harus menampakkannya ke publik. (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s