Kementerian Keuangan memegang teguh komitmen peningkatan kualitas layanan. Instruksi Presiden untuk menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2016 lebih awal ditindaklanjuti penyerahan DIPA 2016 pada seluruh propinsi di penjuru nusantara. Salah satunya adalah penyerahan DIPA 2016 untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan di Kepatihan hari ini (21/12).

 Dengan penyerahan DIPA 2016 yang dilaksanakan lebih awal, Presiden mengharapkan satuan kerja yang telah menerima DIPA dapat segera melaksanakan tender pekerjaan, sehingga di bulan Januari 2015 kontrak sudah dapat dilaksanakan. Percepatan proses tender ini dapat meningkatkan efisiensi waktu pelaksanaan APBN 2016 karena proses administrasi tidak lagi mengurangi waktu pelaksanaan pekerjaan.

DIPA 2016 diharapkan menjadi pendorong ekonomi 2016. Mengingat kecenderungan situasi ekonomi yang diprediksi masih kurang baik, belanja pemerintah menjadi salah satu harapan untuk memacu pertumbuhan. Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono, dalam berbagai kesempatan terus mengingatkan target pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi 5,3% di tahun 2016.

Namun demikian, Marwanto juga mengingatkan bahwa trend prestasi pengelolaan anggaran pemerintah ke depan, tidak lagi diukur dari besarnya serapan. Kementerian lembaga diharapkan lebih fokus pada target output, sebagaimana yang telah dicontohkan Kementerian Kelautan. Prestasi pengembalian anggaran 2 triliun akan menjadi contoh yang baik. Sikap efisiensi tersebut akan meningkatkan kepercayaan publik pada pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Ditjen Perbendaharaan juga kembali mewujudkan komitmennya untuk terus menjaga perbaikan mutu layanan secara berkesinambungan dan berstandar internasional.

Hal tersebut ditandai dengan diterimanya sertifikasi ISO 9001:2008 untuk Kantor Pelayanan Perbendaharaan Yogyakarta. KPPN Yogyakarta, sebagai kantor layanan vertikal Ditjen Perbendaharaan, dinilai PT BSI Grup layak untuk menerima sertifikasi manajemen mutu karena memenuhi kriteria proses bisnis harian yang sesuai kaidah internasional ISO. KPPN Yogyakarta merupakan salah satu dari 17 KPPN yang menerima ISO 9001:2008 di tahun 2015 ini. Untuk Ditjen Perbendaharaan, dalam kurun waktu 2014 sampai dengan saat ini, telah terdapat 21 KPPN yang mendapat sertifikasi mutu ISO 9001:2008. (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s