Puluhan masyarakat gabungan dari warga Manggarai, Bukit Duri, Tanah Abang dan Rawamangun menggelar orasi dan aksi menolak serta melawan pengosongan paksa terhadap rumah negara yang telah dihuni lebih dari 30 tahun oleh para pensiunan Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA).

Aksi penolakan tersebut dilakukan oleh gabungan warga dengan memukul 1.000 kentongan di Taman Jahit, Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu (31/07/2016).
Humas Komunitas Penghuni Rumah dan Tanah Negara (KPRTN), Puji Haryadi mengatakan bahwa dirinya adalah seorang pensiunan dari Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) yang telah menghuni rumah PJKA di kawasan Manggarai sejak tahun 1955. Dia bersama warga lainnya bersedia mengosongkan jika PT. KAI menunjukkan bukti kepemilikan yang sah.

“Keinginan kami tidak muluk-muluk, kami ingin PT. KAI menunjukkan bukti kepemilikan yang sah, ini lo milik PT.KAI. Kan PT. KAI itu perusahaan swasta bukan perusahaan milik Negara”, kata Puji saat gelar aksi gabungan di lokasi.

Puji menuturkan, PT. KAI didirikan sejak tahun 1988, sedangkan PJKA dibubarkan sejak tahun 1991. PT. KAI merupakan perusahaan swasta yang memiliki hak sesuai UU Kereta Api No 23 Tahun 2007 Pasal 1, 42 dan 43 adalah sarana (Kereta Api dan sarana yang bergerak lainnya) dan prasarana (Stasiun KA, DIPO, Jalur KA & Fasilitas Operasi Lainnya) Serta ruang kiri kanan jalur kereta api (6 dan 9 meter).

Sementara itu, dalam KUHP Pasal 1963 yang menyebutkan bahwa, “Siapa yang dengan itikad baik menguasainya selama tiga puluh tahun, memperoleh hak milik dengan tidak dapat dipaksa untuk mempertunjukkan atas haknya”.
Berkaitan hal tersebut, lanjut Puji, warga yang menamakan “Manggarai bersatu” menganggap bahwa PT. KAI memiliki sikap yang semena-mena dan mengintimidasi penghuni untuk segera mengosongkan rumah negara dan melakukan pengusiran paksa dengan melibatkan TNI/Polri.

“Kami tinggal disini sudah lebih dari 30 tahun, dan apa yang tercantum di KUHP juga sudah jelas”, tandasnya. (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s