Jakarta – Pengamat Sosiologi Politik dari Universitas Negeri Jakarta, Ubedilah Badrun mengatakan, saat ini politik telah menjadi industri. Dimana, dalam kondisi tersebut kepentingan pemilik modal menjadi salah satu yang paling berperan dalam menentukan kebijakan.

Dikatakan Ubed, sapaan akrabnya, jika hal itu kemudian ditarik pada hubungan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan terjadi hal yang sama.

Dari kondisi tersebut, kata Ubed, muncul pertanyaan mengapa hingga saat ini Jokowi masih mempertahankan Ahok?

“Saya menduga, hubungan antara Jokowi dan Ahok tidak terlepas dari pemilik modal. Artinya punya pemilik modal yang sama dengan Jokowi, tentu saja, Ahok punya rahasia tentang Jokowi, tapi saya nggak tahu rahasianya apa. Saling tahu rahasia masing-masing, kalau bahasa lainnya punya kartu As masing-masing,” ungkap Ubed, dalam diskusi Lembaga Studi Kebangsaan 1998, Perilaku Ahok Merugikan Jokowi, di Resto Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (28/8).

Rahasia yang dipegang Jokowi dan rahasia yang dipegang Ahok, lanjut Ubed, menyebabkan keduanya saling tersandera.

“Rahasianya apa, hanya mereka berdua yang tahu. Tapi publik punya asumsi tertentu tentang apa yang ada di balik semuanya,” ujarnya.

Sementara, adanya rumor yang berkembang mengenai Ahok akan diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, menurut Ubed, hal itu adalah target menuju pemilu tahun 2019 mendatang dimana, Ahok akan punya target yang lebih besar secara politik.

“Kalau misalnya (Ahok) menjadi Menteri ESDM, saya kira itu menteri yang sangat strategis, menteri yang sangat basah, saya kira punya waktu untuk menuju 2019, punya modal yang sangat banyak untuk menuju 2019,” pungkasnya. (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s