Bung Karno saat meninjau perencanaan pembangunan kompleks olahraga Stadion Gelora Senayan yang sekarang disebut Stadion Gelora Bung Karno
Bung Karno saat meninjau perencanaan pembangunan kompleks olahraga Stadion Gelora Senayan yang sekarang disebut Stadion Gelora Bung Karno

Oleh : Edysa Girsang

Jakarta sampai saat ini belum ada visi seperti pembelaan Bung Karno pada rakyat kecil Jakarta. Di pikiran Bung Karno, rakyat kecil di Jakarta harus dipastikan memiliki hak yang sama dalam menikmati proses dan hasil pembangunan kota tercintanya.

Mari kita bersama-sama meresapi kembali ekspresi yang mengharu-biru, berkadar hakekat nilai kemanusiaan tak terbantahkan dan bakal diamini seluruh pendamba keadilan negeri ini, ketika Bung Karno di tahun 1962 berpidato pada momentum perayaan ulang tahun Jakarta ke-435:

“Marilah saudara-saudara, hai saudara-saudara dari Jakarta, kita bangun kota Jakarta ini dengan cara semegah-megahnya. Megah bukan saja materiil, megah bukan saja karena gedung-gedungnya pencakar langit, megah bukan saja ia punya boulevard-boulevard, lorong-lorongnya yang indah, megah bukan saja ia punya monumen-monumen indah, megah di dalam segala arti, sampai di dalam rumah-rumah kecil daripada Marhaen di kota Jakarta harus ada rasa kemegahan.”

Setahun sebelumnya, bahwa pada ulang tahun Jakarta ke 434 di Lapangan Ikada, Bung Karno berpidato mengingatkan kepada Gubernur Jakarta saat itu, dengan seruan visioner berperspektif gerak dinamik maju depan, dan tentu ditujukan pula kepada siapapun Gubernur DKI Jakarta di era-era kemudian:

“Kau Gubernur Jakarta kenalilah sejarah Sunda Kelapa, Jayakarta sehingga bisa kau ambil buah faedahnya untuk kita bangun kota kemenangan sempurna. Itulah arti Jayakarta. Kota yang bermanfaat bagi semua. Seperti pohon kelapa pada Sunda Kelapa berguna bagi semua. Jangan kau contoh Batavia kota yang hanya megah bagi kaum uangnya, tidak bagi rakyat banyak, bahkan mereka dicurigai. Kota kemenangan sempurna megah dalam segala arti, sampai di dalam rumah-rumah kecil daripada marhaen di kota Jakarta harus ada kemegahan.” (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s