Festival Budaya Bumi Merti
Festival Budaya Bumi Merti

Sleman – Satu Safar merupakan hari yang penting bagi masyarakat di Desa Wonokerto, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman karena pada hari itulah, kegiatan Merti Bumi sebagai simbol manifestasi rasa syukur pada Tuhan diadakan.

Merti Bumi adalah istilah dari salah satu bentuk ekspresi ritual dan upacara masyarakat Indonesia khususnya masyarakat pedesaan atau masyarakat tradisional dalam mengucapkan syukur atas limpahan rizki, keselamatan dan kekayaan.

Pada tahun 2016, Masyarakat Desa Wonokerto memperingati Merti Bumi dengan menyelenggarakan Wonokerto Expo pada hari Selasa – Minggu, Tanggal 18 – 23 Oktober 2016 di Kantor Desa Wonokerto dan Desa Tunggularum.

Wonokerto Expo diadakan sebagai wujud rasa peduli pada kenyataan bahwa di zaman modern ini banyak acara ritual yang sering dilupakan oleh modernisasi sehingga secara tidak langsung membuat orang menjadi individualis serta mengaburkan potensi kesenian dan kebudayaan. Warga Desa Wonokerto berharap bahwa Desa Wonokerto dapat menjadi dalah satu desa budaya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa budaya merupakan suatu media dan menjadi benteng pelestarian seni budaya. Keberadaan desa budaya dipandang strategis untuk menyelenggarakan pelestarian, pembinaan dan pengembangan seni budaya.

“BEM KM sebagai mitra Desa Wonokerto meyakini sekaligus mendukung kegiatan bermanfaat ini, Kami percaya bahwa apa yang dilakukan desa Wonokerto adalah Inspirasi yang niscaya Bisa dilakukan dan diterapkan di desa lain di Indonesia. Kegiatan semacam ini menjadi Ruang Pelestarian budaya dan pengkaryaan masyarakat desa. Patut untuk ditiru.” kata Rizqi Prasetyawan, Menteri Pengembangan Desa Mitra BEM KM UGM.

Desa budaya dianggap mampu memberikan ruang ekspresi kepada masyarakat untuk dapat menampilkan potensi-potensi unggulan yang ada di setiap dusun, berfungsi pula sebagai sarana promosi mengenalkan potensi unggulanlebih dikenal oleh masyarakat.

Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi Parade Pentas Seni dan Budaya Lokal, Pameran Produk olahan kuliner, kerajinan Desa Wonokerto, Karnaval dengan membawa hasil sumber bumi, Tari Persembahan, dan Prosesi Upacara Adat Bumi Merti. (Lin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s