Jakarta – Kemacetan menjadi salah satu problem ibukota yang cukup serius. Sebab, masih terus terjadi hingga kini, meski pembangunan fisik dan berbagai kebijakan terus dilakukan.

Akibat macet yang tak berkesudahan tersebut, Jakarta kehilangan Rp.28 triliun tiap tahunnya. Angka tersebut berdasarkan hitungan makro yang diterimanya.

Karenanya, kata Calon Gubernur DKI, Anies Rasyid Baswedan, pihaknya menjadikan penguraian kemacetan sebagai salah satu prioritas dalam kepemimpinannya kedepan.

“Kemacetan harus segera diselesaikan. Salah satunya dengan membangun sistem transportasi umum yang terintegrasi dalam bentuk interkoneksi antarmoda,” ujar Mantan Ketua Komite Etik KPK ini, Selasa (22/11).

Model manajemen layanan transportasi umum, kata mantan rektor Universitas Paramadina ini, juga harus diperbaiki. “Sehingga, setiap warga di manapun, dapat mengaksesnya dengan mudah dan murah,” jelasnya.

“Caranya, pengintegrasian transportasi massal dengan pemukiman-pemukiman penduduk, aktivitas publik, dan moda transportasi publik dari luar Jakarta,” imbuh Anies, peraih gelar doktor Ilmu Politik di Northern Illinois University itu.

Sementara, Bakal Calon Wagub DKI, Sandiaga Salahudin Uno, menerangkan bahwa kemacetan turut berkontribusi pada tingginya harga kebutuhan pokok di pasar. “Karena distribusi terganggu,” katanya.

Kemacetan, sambung Sandi, juga berdampak kepada psikologis warga ibukota. Namun, dirinya tetap optimis masalah tersebut dapat diatasi.

“Tapi, tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Butuh proses yang cukup lama. Karenanya, kami menyiapkan jiwa masyarakat yang siap menghadapi proses ini,” paparnya.

Politikus yang sebelumnya sukses sebagai pengusaha itu pun bersyukur berpasangan dengan Anies pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 untuk bersama-sama menyelesaikan masalah tersebut.

“Karena Pak Anies mengerti bagaimana membangun manusia, baik jiwa maupun kecerdasannya,” tutup Sandi. (Lin)

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s