JAKARTA- Selama blusukan di seluruh wilayah Jakarta, Cawagub no urut 3 Sandiaga Uno kerap mendengar banyak keluhan terkait banyaknya pembangunan yang mandeg.

Pembangunan dalam segi pemenuhan infrasuktur, pencegahan bencana hingga pengolahan sampah ibukota dan lain sebagainya seolah jalan di tempat, bahkan beberapa daerah malah belum menikmati sarana dan infrasuktur tersebut.

Sandi menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta sebenarnya punya uang lebih dari cukup untuk memperbaiki sarana dan infrasuktur yang ada di Jakarta.
Sandi menilai banyak proyek tidak kunjung jalan dikarenakan masalah anggaran yang mandek, hasil dari komunikasi yang buruk antara Pemprov dengan DPRD DKI Jakarta.

“Ada komunikasi yang buruk antra pemprov dengan DPRD DKI, sekarang penyerapan (anggaran) enam puluh persen, pantas saja pengerjaan mandek,” paparnya saat berkampanye di daerah Balimester Rabu(23/11)

Komunikasi yang buruk antara Pemprov dengan DPRD DKI Jakarta sempat terjadi pada Maret 2015 lalu, ketika Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama tidak menemui kata sepakat dengan DPRD. 

“Kalau komunikasinya jelek, alhasil pembahasan anggaran pun gagal. DKI Jakarta pada 2015 lalu terpaksa menggunakan anggaran sebelumnya,” terang mantan ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia itu.

Saat ini pun masalah anggaran di DKI Jakarta masih bermasalah. Terbukti dengan tingkat penyerapan anggaran Pemprov DKI Jakarta yang hanya mencapai 33 persen dari bulan Juli 2016, artinya tujuh dari sepuluh program belum terpenuhi.

Maka dari itu Sandi berjanji jika dia bersama Anies Baswedan memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 mendatang, maka pihaknya akan membangun komunikasi yang lebih baik dengan DPRD DKI Jakata.

“Politik anggaran kita adalah politik untuk kesejahteraan masyarakat, dari rakyat, dan untuk rakyat,” tandasnya. Peran serta anggota DPR juga akan sangat diperlukan untuk menampung aspirasi dan akan dikordinasikan dengan peran Gubernur dan Wakil Gubernur (eksekutif). Salam Bersama.(Lin)

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s