JAKARTA – Permasalahan daftar pemilih selalu menjadi sorotan di setiap penyelenggaraan pemilu. Tim Pemenangan Anies-Sandi menyoroti banyaknya daftar pemilih yang bermasalah. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya hingga 104.826 pemilih.

M. Taufik selaku Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi mengatakan, jumlah 104 ribu daftar pemilih bermasalah itu berdasar pada hasil penyisiran dan analisis dari departemen data tim. 

“Kami sisir dari DPS yang diberikan. Hasilnya itu,” ujarnya di Posko Pemenangan Anies-Sandi di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11).

Dari 104 ribu data bermasalah, ada 43.427 pemilih dengan nomor induk kependudukan (NIK) yang ganda. Selain itu juga ada 817 dengan NIK hingga tiga orang. 

“Tidak hanya triple NIK, bahkan ada yang empat, lima, hingga delapan NIK yang sama,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Taufik, juga ada 59.713 data pemilih yang tidak memiliki kartu keluarga (KK). 

Selain itu juga ada ratusan keluarga yang memiliki nomor KK yang sama. “Ini aneh. Sebab NIK itu keluar dari KK. Masa KK tidak ada,” cetusnya.

Baginya, temuan ratusan ribu data bermasalah itu akan berpengaruh pada lancarnya penyelenggaraan Pilgub nantinya. Untuk itu, dia berharap agar nanti KPU dan tim paslon untuk bersama-sama menyisir. 

Taufik menyebut, apabila tidak segera diselesaikan, maka nantinya ratusan ribu daftar itu akan menjadi pemilih siluman. Tim pemenangan sendiri sudah menyurati KPU. 

“NIK itu memang urusan Dukcapil, tapi verifikasi urusan KPU,” tambahnya.

Secara umum, lanjutnya, daftar bermasalah itu paling banyak berada di kawasan Jakarta Timur. Hingga saat ini, tim data masih melakukan penyisiran. “Tentu ada kemungkinan jumlahnya makin bertambah,” tegasnya.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s