JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menilai rendahnya penyerapan anggaran menjadi salah satu kendala dalam mengatasi banjir dan kemacetan di ibukota.

“Selain memang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti perencanaan tidak komprehensif dan kebijakan yang tidak tepat guna,” ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (29/11).

Menurut Anies, penyerapan anggaran yang rendah mengakibatkan masyarakat tidak mendapatkan manfaat hasil pembangunan tepat waktu.

“Padahal, ketika negara menarik uang rakyat, pajak misalnya, selalu bersifat memaksa,” ucap eks rektor Universitas Paramadina ini.

Anies menambahkan, ada beberapa faktor penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI. Misalnya, keterlambatan pengesahan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA), lambatnya penerbitan juklak dan juknis pelaksanaan kegiatan, hingga kekhawatiran pejabat untuk mengeksekusi program yang telah dicanangkan.

“Akhirnya, kembali masyarakat yang dikorbankan,” beber mantan ketua Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini.

Karenanya, dalam menanggulangi banjir dan macet di ibukota, kandidat nomor urut tiga tersebut bakal mengoptimalkan penyerapan anggaran, selain membuat berbagai program terkait secara komprehensif dan berkesinambungan.

“Salah satunya, dengan mengembangkan kinerja dan tata kelola pemerintahan,” ungkap pendamping Anies yang juga calon Wagub DKI, Sandiaga Salahuddin Uno, pada kesempatan sama.

Lalu, membangun sistem informasi terintegrasi sejak perencanaan, penganggaran, realisasi, hingga pelaporan yang merekam alur keuangan daerah secara real time.

​”Kami juga akan membangun pemerintahan yang bersih, modern, dan melayani berbasis transparansi, akuntabilitas, serta keteladanan dengan mengoptimalkan pelibatan publik dan pemanfaatan teknologi,” pungkas peraih gelar Master of Business Administration dari George Washington University ini.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s