JAKARTA – Anies Baswedan memberi pesan khusus kepada relawan untuk belajar dari pengalaman Ibu Susi Pudjiastuti. 

Agar menjadi sosok yang cinta pada negeri walau sudah malang melintang dan pergi jauh. Hal tersebut disampaikan M. Chozin Amirullah Koordinator Pendopo Relawan, di Posko Relawan Jalan Panglima Polim IX Jakarta Selatan, Selasa (6/12/16).*

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada Minggu lalu (3/12), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Peristiwa penghormatan akademik yang diterima Ibu Susi, diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi para relawan. Tentu pertama-tama bukan dalam perkara akademik, melainkan pada perjuangan mengubah diri dan lingkungan.

“Ibu Susi adalah pribadi dengan integritas, dedikasi yang tinggi, teguh, semangat belajar dan rasa kebangsaan yang kuat,” jelas Chozin.

Jiwa bangsa yang kuat, lanjut Chozin seperti yang disampaikan Anies, ketika menjadi pejabat publik, ditunjukkan dengan hadirnya keputusan politik yang berwatak sosial (memihak rakyat) dan berwatak nasional (membela kepentingan bangsa).

“Sebagai sosok yang sudah malang melintang, pergi jauh, tetapi rasa cinta pada negeri tidak sedikitpun berkurang,” ujar Chozin menirukan Anies. 

Sebagai lukisan Ibu Sud, dalam lagu Tanah Air, “Tanah airku tidak kulupakan//Kan terkenang selama hidupku//Biarpun saya pergi jauh//Tidak kan hilang dari kalbu//Tanah ku yang kucintai//Engkau kuhargai.”

“Pak Anies berharap agar proses Pilkada tidak saja memuat proses politik, tetapi juga proses belajar dan proses pengembangan nilai,” lanjut laki-laki lulusan Ohio University ini.

Pemerintah DKI Jakarta ke depan akan baik dan bermakna bagi warga, jika dan hanya jika, sejak dini, para relawan dapat bekerja dengan integritas, teguh dan penuh semangat juang untuk mengubah wajah Jakarta, kreatif-inovatif (terus belajar menemukan hal-hal baru), dan lebih dari itu, didasarkan pada rasa cinta yang mendalam pada Jakarta.

“Inilah pelajaran yang hendak dipetik dari pengalaman Ibu Susi. Semoga menambah warna dan makna, Pilkada DKI Jakarta. Selamat ibu Susi,” tandas Chozin.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s