JAKARTA- Salah satu program prioritas calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno adalah mengendalikan harga bahan pokok yang kian tinggi. Harga kebutuhan pokok ini dinilai telah mencekik warga Ibukota.

Anies mengatakan, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menekan harga bahan pokok. Pertama, Pemprov Jakarta harus mampu memangkas rantai distribusinya dan memastikan barang cukup untuk wilayah DKI. 

Mata rantai distribusi, kata dia, terkait dengan sistem transportasi.

“Jadi kalau kita bisa memperbaiki itu dengan penjadwalan-penjadwalan distibusi lebih baik, Insya Allah berjalan lebih baik,” ujar dia.

Yang kedua, lanjut Anies, harus bisa menjangkau langsung pusat-pusat produsen kebutuhan pokok. Masalah seperti ini perlu dibicarakan dengan mengundang pihak terkait. Pemprov, kata dia, harus menjembatani semua itu dengan menunjukkan tujuan bagaimana bisa membuat dan tetap memberikan ruang keuntungan bagi semua pihak.

“Kita ingin efektifitas itu terjadi pasar lebih efisien tetapi juga pelaku-pelaku pasar tetap diuntungkan,” katanya.

Selain memastikan harga bahan pokok terjangkau, Anies mengatakan, pengelolaan pasarnya juga harus baik. Pertumbuhan pasar tradisional harus dipertahankan dan didorong agar lebih baik. Pasar tradisional ini, kata dia, lebih dari sekedar tempat jual beli.

“Pasar juga merupakan sarana interaksi yang membuat suasana kekeluargaan menjadi terjaga,” kata dia.

Bukan masalah yang sulit untuk mengendalikan harga dan memperbaiki kualitas pasar tradisional. Sebab, Anies berpengalaman mengelola anggaran besar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedangkan pasangannya Sandiaga Uno berpengalaman melakukan efisiensi dan efektifitas usaha.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s