Jakarta – Meskipun sudah lewat 17 hari, peringatan maulid Nabi Muhammad masih semarak dilakukan oleh masyarakat khususnya di Jakarta. Salah satunya peringatan maulid yang dilakukan sejak pagi hingga menjelang siang di Masjid Al Ihsan, Jalan H Abu, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2016).

Peringatan Maulid yang mengusung tema “Cinta kepada Allah, Nabi dan Negara Wajib bagi Kita” tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat betawi, pemda setempat dan anggota DPRD Jakarta. Selain itu, majelis yang penuh sesak dengan massa lebih dari 1000 orang tersebut turut dihadiri oleh Cagub Anies Baswedan. 

Mengenakan baju koko putih, Anies mengapresiasi kehadiran jamaah yang berada dalam masjid tersebut. Dalam sambutannya, Anies kembali mengingatkan bahwa Indonesia punya tanggung jawab yang besar dengan potensi umat Islam di dalamya. “Kita berkumpul bersama insya Allah menjadi pengingat untuk mendekati akhlaq dan sifat Rasul. 

Dan karenanya, Indonesia mempunyai tanggung jawab yang besar,” tegas Anies.

Umat Islam Indonesia, sambung Anies, membuat dunia terpesona saat melakukan aksi 212. Aksi yang turut dihadiri oleh Presiden Jokowi tersebut dilakukan dengan Zikir dan shalat Jumat bersama dengan berpusat di monas. Anies mengungkapkan bahwa aksi dengan massa yang mencapai jutaan orang tersebut berjalan damai dan itulah yang dekat dengan akhlaq Rasul sebagai rahmat semesta alam. “Semua orang yang berkumpul hari itu padahal berada dalam keadaan marah. Tapi tidak ada kerusakan. Tidak ada bekas bekas yang menunjukkan kemarahan,” papar Anies sembari tersenyum.

Selanjutnya, Anies kembali menyampaikan harapannya agar kota Jakarta kembali menjadi rumah bagi warganya, khususnya umat Islam. Mantan menteri pendidikan ini menyampaikan bahwa monas harus dikembalikan sebagai salah satu tempat diselenggarakannya kegiatan keagamaan. Selain itu, Aniespun berharap agar setiap kegiatan keagamaan difasilitasi dan didukung pemerintah. “Kita seperti tinggal di tanah asing. Mau qurban di sekolah tidak boleh. Mau takbiran keliling tidak boleh. Memangnya ini negeri siapa? Insya Allah kita kembalikan Jakarta agar seperti rumah kita sendiri,” papar Anies

Sebagai penutup, Anies berdoa agar dimudahkan dalam proses mengikuti rangkaian pilkada Jakarta. “Saya memohon doa agar didekatkan dengan amanah. Didekatkan dengan ikhlas. Dan saya berterima kasih atas kesempatan silaturahmi ini,” tutup Anies.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s