JAKARTA- Sulitnya mencari lapangan pekerjaan di Jakarta juga dirasakan oleh seorang perempuan bernama Aniek, warga Rumah Susun Karet Tengsin, Jakpus. Kesulitannya berlipat ganda karena beberapa perusahaan tidak menerima Aniek karena dia lulusan Seni Rupa.

“Orang tua bahkan menyalahkan saya, katanya saya salah jurusan,” curhat Aniek kepada Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi daerahnya.

Aniek juga mengungkapkan kesulitannya jika ia ingin memulai usaha.ulai dari kurangnya modal, tak tahu barang seni ia perdagangkan kemana, hingga bagaimana caranya mengembangkan usaha dalam bidang seni.

“Saya ingin sukses pak, tapi juga dalam bidang dan pilihan saya yakni seni rupa,” tambah lulusan ISI Jogjakarta itu.

Curhatan Aniek langsing mendapat tanggapan dari Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. Dia menilai tidak ada lulusan yang salah jurusan. 

“Bilang ke orang tua anda bahwa jurusan seni malah memiliki masa depan yang cerah,” pesan Anies.

Hal itu dikarenakan orang yang memperlajari seni akan dituntut terus kreatif dan menciptakan sesuatu yang baru. Untuk itu Aniek memiliki banyak kesempatan jika ingin membuat usaha dalam bidang seni. 
“Kadang orang tua tidak tahu, model baju itu seni, bahkan gambar saya di poster ini pun seni,” kata Anies lagi.

Maka dari itu, Anies menyakinkan bahwa nantinya Aniek akan mendapatkan program wirausaha perempuan mandiri. Di mana program itu akan mengkhususkan bantuan usaha bagi para perempuan. “Bukan hanya modal hingga Rp 50 juta, tetapi juga akan diberikan pendampingan bahkan dicarikan pasar untuk menjual produk kesenian,” papar mantan komisi etik KPK itu.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s