Jakarta – Kemiskinan adalah salah satu permasalahan di setiap Negara berkembang, termasuk Indonesia. Kemiskinan di negara kepulauan terbesar dunia ini dapat dilihat di pulau-pulau yang menjadi titik terluarnya. 

Ketiadaan listrik dan sinyal alat komunikasi menjadi ciri utama kemiskinan yang pada umumnya terdapat di pulau-pulau dan titik batas terluar Indonesia.

Namun, kemiskinan di Jakarta adalah kemiskinan yang berbeda. Di ibukota negara ini, kemiskinan ekstrim begitu mudah terlihat dari balik gedung-gedung pencakar langitnya. Hal inilah yang disampaikan dalam kunjungannya di forum majelis taklim al hikmah, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (30/12/2016). “Selama berkeliling Jakarta, saya melihat kemiskinan (di batas terluar Indonesia) yang tidak ada apa apanya dibandingkan di sini,” papar Anies mengawali sambutannya.

Anies kemudian mengungkapkan bahwa kemiskinan di Jakarta adalah kemiskinan dalam kesendirian, polusi, keputusasaan, dan ketimpangan yang luar biasa. “Kemiskinan dengan kekayaan ekstrim yang dekat dengan tempat tinggal mereka,” imbuh Anies lebih lanjut.

Hal ini berbeda dengan kemiskinan di titik terluar Indonesia dimana kemiskinan dengan udara segar, sumber daya alam yang melimpah, dan suasana kekeluargaan. “Kemiskinan di kota Jakarta lintas generasi. Yang makmur semakin makmur, yang miskin semakin miskin. Dan yang menjadi pembeda adalah pendidikannya,” tegas mantan Menteri Pendidikan ini.

Karena itulah, sambung Anies, pendidikan menjadi kunci untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim di Jakarta. “Kami akan fokus ke pendidikan sebagai solusi jangka panjang. Selain itu, madrasah dan sekolah umum tidak akan dibedakan. Kita akan majukan semuanya, tingkatkan mutu sekolahnya, tingkatkan kualitas gurunya. Dengan itu, kemiskinan ekstrim di Jakarta akan bisa kita selesaikan,” ujar Anies.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s