JAKARTA- Mengawali tahun 2017 Calon Gubernur DKI Jakarta Anies baswedan dengan para relawan dan komunitas bikers mengadakan riding bersama dari Kemang hingga Kota Tua Minggu(1/1).

Dalam kesempatan tersebut, Anies menyampaikan program yang akan memberikan perhatian pada para bikers. Dia menilai perhatian kepada para pengendara motor penting, karena sebagian besar pengguna jalanan di Jakarta adalah pengendara motor.

“Namun di Jakarta tiap hari ada 7-8 nyawa yang meregang di jalan. 5 sampai dengan 6 korbannya adalah pengguna motor,” papar Anies.

Anies menilai angka kecelakaan pengguna bermotor dapat ditekan apabila pemerintah daerah memberikan pelayanan untuk para bikers sekaligus mendorong mereka secara persuasif agar berpindah ke kendaraan umum.

Mulai dari mengelola parkir untuk para pengguna motor, dengan memperbanyak parkir motor di titik transportasi publik. Atau yang banyak dil luar negeri disebut dengan park and ride.

“Nanti setiap beberapa hari tertentu, struk pembayaran kertas parkir motor bisa dipakai untuk transportasi gratis untuk busway dan KRL atau terintegrasi dengan program satu tarif 5000 kita,” terang mantan mendikbud itu.

Penyediaan lahan parkir pada titik transportasi publik diyakini Anies sebagai solusi terbaik untuk para bikers, sehingga gubernur itu tak hanya sekedar melarang motor masuk jalan protokol, atau menaikkan tarif parkir saja.

“Bermotor itu fun saat macet, perjalanan jauh, yang berbahaya bisa mudah pindah ke busway, dan lainnya,” tutur Anies.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s