Jakarta – Terik siang ibukota tidak menyurutkan semangat warga Kampung Wadas, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat untuk menantikan kedatangan Cagub Anies Baswedan ke daerah mereka, Senin (2/1/2017). 

Mengenakan koko putih, Anies kemudian disambut warga dengan tabuhan drum beriring yel-yel dukungan kepada Cagub nomor urut 3 tersebut.

Selanjutnya, mantan Menteri Pendidikan ini juga dikalungkan syal jingga khas Persija sebagai simbol harapan untuk memerhatikan dunia pemuda dan olahraga. Dihadiri oleh hampir 100 orang, Anies menyapa warga dengan rasa syukur atas pertemuan yang dapat berlangsung siang itu tanpa suatu kendala berarti.

Memulai sosialisasinya, Anies kembali ingatkan 15 Februari adalah tanggal untuk warga memilih pemimpin terbaru Jakarta. “Jika nanti ditanya tetangga misalnya, pilih nomor berapa? Dijawabnya nomor 3. Tapi saat ditanya kenapa, apa jawabnya? Saya usul 3 jawaban,” ujar Anies membuka pemaparannya.

Ketiga jawaban yang menjadi alasan untuk memilih pasangan Cagub-Cawagub Anies-Sandi adalah ketersediaan lapangan kerja, harga kebutuhan pokok yang terjangkau, serta pendidikan berkualitas, tuntas dan gratis. 

Khusus untuk harga kebutuhan pokok, Anies memaparkan secara lebih lanjut bagaimana Pemda Jakarta membuatnya menjadi lebih murah dan terjangkau.

Harga cabe, Anies mencontohkan, jika di daerah Brebes masih berkisar antara 15-20 ribu. “Sampai di Jakarta justru mahal bisa mencapai 40 ribu. Mengapa? Karena banyak tengkulak. Dari petaninya, dari pedagangnya, dari pasarnya, dan seterusnya. Sampai di Jakarta sudah mahal,” terang Anies.

Oleh karena itu, mantan ketua Komite Etik KPK ini menegaskan akan memulai programnya tersebut dengan menentukan daerah-daerah penghasil bahan pokok. “Lalu pemda akan bekerja sama dan membeli langsung dengan jumlah yang besar sehingga harganya tetap murah,” tegas Anies yang disambut tepuk tangan warga.

Kebijakan ini, sambung Anies, tidak bisa dilakukan secara baik di daerah lain dan hanya mungkin terjadi di Jakarta. “Di daerah lain tidak bisa karena tidak ada pasar induk. Di sini (Jakarta), bisa dilakukan karena ada pasar induknya dan langsung didistribusikan ke pasar-pasar lainnya,” ujar Anies.

Harga kebutuhan pokok merupakan salah satu fokus utama Anies dalam menyelesaikan berbagai masalah Jakarta. Masalah ini merupakan pondasi mendasar yang menjadi prioritas untuk dientaskan demi terwujud Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s