JAKARTA- Cuaca yang kadang panas dan hujan membuat tenggorokan cepat sekali haus, tak terkecuali Cagub DKI Anies Baswedan yang spontan membeli es Selendang Mayang saat blusukan di daerah Makalawe Senin(2/1).

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu pun rela berjongkok sembari mengajak abang penjual es selendang mayang itu untuk ngobrol. 

“Sehari bisa bikin berapa banyak pak? Ini aman kan kalau dikosumsi anak-anak?,” tanya Anies sembari menunggu es selendang mayangnya siap disajikan.

Abang pedagang itu menyakinkan Anies bahwa minuman yang ia jajakan sangat aman dan halal. Bahkan dia hanya menggunakan pewarna khusus makanan dan gula asli untuk sajian selendang mayang miliknya.

Anies berpendapat bahwa abang pedagang es selendang mayang ini memberikan dua sumbangan untuk jakarta. Pertama dia melestarikan kuliner khas Jakarta dan juga secara mandiri mengerakkan perekonomian keluarganya dengan wirausaha.

“Semangat kewirausahaan penjual selendang mayang inilah yang akan kami kembangkan,” ucap Anies.

Jika dia menjabat gubernur kelak, Anies memang akan memprioritaskan untuk memgembamgkan para pedagang kecil. Mantan rektor universitas Paramadina itu memiliki program OK OCE yang akan memberikan mentoring kepada para pedagang kecil. 

“Kami akan berikan pelatihan agar mereka dapat mengoptimalkan kaeuntungan berjualan produknya,”kata Anies.

Selain itu, mantan ketua komite etik KPK itu juga akan memperhatikan kualitas para pedagang binaan. Yakni dengan memastikan proses dan bahan baku produk yang aman dikosumsi. “Akan dilakukan pengawasan secara berkala, termasuk juga keamana dari makanan itu,” tandas Anies.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s