JAKARTA- Meningkatkan kualitas pendidikan di Jakarta menjadi salah satu program prioritas paslon Cagub Cawagub Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Menurut keduanya pendidikan merupakan eskalator untuk mencapai kesejahteraan.

Pentingnya peningkatan pendidikan di Jakarta itu kembali ditegaskan Anies Baswedan saat mengunjungi kantor berita online merdeka.com Rabu(3/1). Saat berdiskusi bersama para direksi, Anies menyampaikan pendidikan adalah solusi jangka panjang untuk mengatasi kemiskinan.

“Tidak ada sebuah kota yang maju kalau penduduknya tidak berpendidikan, maka dari itu pendidikan menjadi prioritas kami,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Menurut Anies, kemiskinan di Jakarta adalah kemiskinan yang tergolong ekstrim karena mereka miskin dalam kesendirian, polusi, keputusasaan, dan ketimpangan yang luar biasa. 

“Kemiskinan dengan kekayaan ekstrem yang dekat dengan tempat tinggal mereka,” imbuh Anies.

Bahkan, kemiskinan di Kota Jakarta sudah lintas generasi. Hal itu juga disebabkan karena akses pendidikan yang tidak merata. Misalnya saja anak dari keluarga makmur akan bersekolah yang berkualitas dan setelah lulus mereka akan mendapatkan pekerjaan yang ideal.

“Sedangkan anak dari keluarga miskin kebanyakan di sekolah biasa, diantaranya bahkan putus sekolah sehingga mereka kesulitan mencari kerja,” papar mantan Ketua Komite Etik KPK ini.

Karena itulah, sambung Anies, pendidikan menjadi kunci untuk memberantas kemiskinan ekstrem di Jakarta. “Kita akan majukan semua institusi pendidikan tanpa membedakan, tingkatkan mutu sekolahnya, tingkatkan kualitas gurunya. Dengan itu, kemiskinan ekstrem di Jakarta akan bisa kita selesaikan,” demikian Anies.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s