JAKARTA – Permasalahan banjir memang tidak hanya sekadar tingginya curah hujan. Namun juga mampetnya saluran air serta sungai yang tidak terawat. Salah satunya adalah Sungai Cilincing. Sungai yang berwarna hitam pekat itu nantinya akan dikeruk sehingga tidak banjir lagi.

Hal itu diungkapkan Anies saat blusukan di kawasan Kampung Rengas, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara pada Kamis pagi (2/1). Anies pun tidak lupa menyapa warga dan petugas PPSU yang sedang membersihkan sampah di sungai berwarna hitam pekat tersebut.

Kepada Anies, warga mengaku bahwa sungai tersebut sebelumnya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan warga untuk mandi ataupun mencuci. Namun, kurangnya sosialisasi dan sistem perairan terintegrasi akhirnya membuat warga sekarang merasa jijik dengan sungai yang mengeluarkan bau tak sedap tersebut.

“Insya Allah saat terpilih nanti, sungai ini akan dikeruk dan diamankan agar tidak banjir di daerah sini,” tegas Anies.
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun mengajak warga membayangkan bahwa terdapat lebih dari 300 titik yang terancam penggusuran. 

“Bayangkan rumah bapak ibu masuk dalam daftar penggusuran. Kita bisa memilih siapa ketika ingin membiarkan atau menghentikan penggusuran itu,” terang Anies.

Kota Jakarta, sambung Anies, harus bisa maju bersama dan tidak maju sebagian sehingga ada yang tertinggal di belakang.
“Masalah di sini banjir dan sungai kotor. Masalahnya saudara kita yang lain belum tentu bisa tinggal di kampungnya. Karena itu, jangan membayangkan ini sekadar pemilihan gubernur. Kita ingin menyelamatkan saudara kita,” ucapnya.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s