JAKARTA – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merayakan milad yang ke-70. Bagi Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, HMI tidak hanya sekadar organisasi di kampus. Tapi HMI lah yang membentuk diri Anies hingga saat ini.

Anies pun mengakui kalau HMI banyak memberikan pelajaran kepada dirinya. Dalam akun Twitter pribadinya, mantan Mendikbud itu menuliskan ucapan milad untuk HMI ke-70. 

“Keterampilan berorganisasi akan mengantarkanmu pada karya dan masa depan yang cerah. Saya dapatkan itu semua di HMI. Selamat milad ke-70 HMI,” cuitnya pada Minggu pagi (5/2).

Anies memang salah satu kader HMI. Dia bergabung dengan organisasi mahasiswa Islam terbesar di Indonesia itu sekitar medio 1990. Saat itu, Anies baru duduk di semester II saat mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi, Universitas Gajah Mada. “Saya bergabung di HMI,” ujarnya pada suatu saat.

Yang mengajak Anies untuk masuk ke dalam HMI adalah Lukman Hakim Hasan. Lukman yang saat itu duduk sebagai Ketua Senat Fakultas Ekonomi UGM juga salah satu petinggi HMI cabang Yogyakarta. Lukman melihat sosok Anies merupakan kader yang potensial. Anies pun diajak untuk ikut senat dan HMI UGM.
 

“Kalau ingin berjuang dan bergerak harus masuk organsiasi mahasiswa,” ujar Anies menirukan ucapan Lukman. Lukman sendiri kemudian menjadi Ketua PB HMI.

Anies pun akhirnya memilih HMI. Alasannya simpel, karena anggota HMI adalah kebanyakan mahasiswa UGM. Namun Anies juga melihat kalau perjuangan teman-temannya adalah tulus. 

“Mau mengejar apa? Karir politik? Lha wong mereka saja dilarang pemerintah,” ucap Anies.

Karena terbiasa menolak rezim Orde Baru itulah yang akhirnya membuat Anies dan teman-temanya di HMI sering melakukan unjuk rasa di Yogyakarta. Termasuk aksi besar yang menolak adanya SDSB dan terhadap pemerintah.

Reporter : Muhammad Nur Rahman

Editor : Parlin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s